Wednesday, October 18, 2017

Tutorial Dictionary SAP ABAP

dictionary-dalam-ABAP

Dalam SQL, SQL dapat dibagi menjadi dua bagian:

  1. DML (Data Manipulation Language)
  2. DDL (Data Definition Language)

Bagian DML terdiri dari perintah query dan update seperti SELECT, INSERT, UPDATE, DELETE, dll dan  Bagian DDL terdiri dari perintah seperti CREATE TABLE, CREATE INDEX, DROP TABLE, ALTER TABLE, dll. Program di SAP ABAP dapat menjalankan juga perintah dari query dari SQL baik DML maupun DDL.
pengertian-abap-dictionary

Dictionary dalam SAP ABAP  dapat dilihat sebagai metadata (yaitu data tentang data) yang berada di basis data SAP beserta metadata yang dikelola oleh basis data. Dictionary digunakan untuk membuat dan mengelola definisi data dan membuat Tabel, Data Elements, Domains, Views dan Types.

Tipe Dasar ABAP Dictionary

Tipe Dasar ABAP Dictionary antara lain:

  1. Data elements - menggambarkan tipe dasar dengan menentukan tipe data, panjang dan kemungkinan tempat desimal.
  2. Structures - Struktur dengan komponen yang bisa memiliki tipe apapun.
  3. Table types - menggambarkan struktur tabel internal

Baca Juga: Tutorial Dasar SAP ABAP 

Berbagai objek di Dictionary environment dapat dirujuk dalam program ABAP. Dictionary dikenal sebagai area global. Objek dalam Dictionary bersifat global untuk semua program ABAP dan data dalam program ABAP dapat dinyatakan dengan mengacu pada objek global Dictionary.
pengertian-abap-dictionary1

Dictionary mendukung definisi jenis yang ditentukan user dan jenis ini digunakan dalam program ABAP. Dictionary juga mendefinisikan struktur objek database seperti tabel, views dan indexes. Objek ini dibuat secara otomatis di database yang mendasari definisi Dictionary saat objek diaktifkan. Dictionary juga menyediakan alat pengeditan seperti Search Help dan locking tool

Manfaat Dictionary

Dictionary dalam ABAP memiliki manfaat seperti:

  • Enforces data integrity.
  • Mengelola definisi data tanpa redundansi.
  • Terintegrasi dengan sisa project  pengembangan ABAP.

Contoh
Setiap tipe user-defined yang kompleks dapat dibangun dari 3 tipe dasar dalam Dictionary. Data pelanggan disimpan dalam struktur 'Pelanggan' dengan komponen Nama, Alamat dan Telepon seperti yang digambarkan pada gambar dibawah. Nama juga merupakan struktur dengan komponen, nama depan dan nama belakang. Kedua komponen ini bersifat elementer karena tipe mereka didefinisikan oleh elemen data.
manfaat-dictionary-abap

Jenis alamat komponen didefinisikan oleh struktur yang komponennya juga merupakan struktur, dan komponen Telepon didefinisikan oleh tipe tabel karena pelanggan dapat memiliki lebih dari satu nomor telepon. Jenis digunakan dalam program ABAP dan juga untuk menentukan jenis parameter antarmuka modul fungsi


EmoticonEmoticon